Pelatihan Blog FLP Jawa Barat: Ngeblog Itu Mudah

pelatihan blog flp jabar


Bulan April 2022 lalu, Divisi Blogger FLP Jawa Barat mengadakan event Pelatihan Blog. Pada dasarnya menulis itu mudah. Menulis sama saja dengan berbicara, jika berbicara pesan yang sampaikan secara langsung, sedangkan menulis secara tidak langsung. Aktivitas menulis bisa di lakukan di Blog. Blog itu ibarat sebuah "rumah" dan penghuninya adalah 'tulisan".

Menulis di Blog tentu ada ketentuan nya antara lain, buatlah tulisan 6-10 paragraf setiap paragraf terdiri dari 4-5 baris yang berisi 50-70 kata per paragraf.

Jika menggunakan kan foto usahakan kurang dari 300 KB. Jangan lupa gunakan keyword (kata kunci). Sebaiknya menulis di draft notepad untuk meminimalisir paragraf yang berantakan dibandingkan menulis di word biasa.

Jika mau Blog kamu dikunjungi maka rajin-rajinlah mengunjungi Blog orang lain, meskipun sekedar berkomentar alias bersilaturahmilah. Kamu juga bisa meng EMBED video dari YouTube agar tulisan mu semakin menarik.

Pesan yang menurutku keren dari Bang Aswi selaku narasumber adalah "Pelatihan cukup sekali, jangan jadi penyuka workshop tapi tak melakukan apapun. Namun latihlah diri dengan terus-menerus menulis"

Gimana sih agar bisa terus-menerus menulis? 

1. Harus konsisten.

2. Miliki scdule (Jadwal menulis yang teratur).

Komentar