Review Buku: Aysel, Canim - Emre Mehmet



Review Aysel, Canim ❤

Oleh Eneng Susanti (FLP Purwakarta)


Judul: Aysel

Penulis: Emre Mehmet

Penerbit: Euthania

Tahun: 2016

Dimensi: 13x19cm

Tebal: 152 hlm.


💟 Sinopsis: 

Aysel adalah novel terjemahan yang ringan dibaca. Berkisah tentang seorang pria bernama Iskender yang dititipi seorang Anak berusia 6 tahun bernama Aysel. 

Anak yang diadopsi sahabat Iskender itu seketika merubah hari-hari Iskender. Bahkan, kehadiran Aysel mengundang curiga dan kecemburuan pacar Iskender. 

Siapa Aysel sebenarnya? Alur cerita novel ini menggiring pembaca pada pertanyaan tersebut. Namun, endingnya di luar dugaan. 




💟 Review: 

Banyak kalimat dan istilah berbahasa Turki dengan terjemahan atau penjelasan panjang disatukan bersama narasi, sehingga ada beberapa paragraf yang padat hanya untuk menjelaskan nama makanan atau tempat. Bahkan, lirik lagu dan penjelasan tentang penyanyinya pun ditulis lengkap. Ini membuat novel tipis ini kaya akan informasi tentang Turki.

Cerita berjudul Aysel ini ditulis sangat ringkas. Tidak njelimet. Tidak ribet. 

Dialognya ringan (minim penggunaan dialog tag), isi percakapannya seakan remeh, tetapi terasa manis dan menyentuh. Bahkan, candaan garing Iskender terhadap Aysel pun tetap terasa lucu dan manis. 

Iskender ini orang yang kaku, karakternya ala-ala CEO cool di cerita platform tanah air. Pada awalnya saya sempat suudzon kepada Iskender, sekaligus gedeg kepada Sevgi, pacarnya. Namun, teman-teman Iskender dan kekepoan Sevgi lah yang nyatanya mendorong rasa penasaran pembaca. sampai akhirnya .... mengharukan, Pemirsa.

Aysel  menyuguhkan cerita tentang kenangan, persahabatan, perpisahan, kehilangan, dan penerimaan. Aysel adalah kepingan yang menyempurnakan puzzle ingatan Iskender yang hilang.

Kalimat di cover novel ini yang berbunyi, "Aku melihat kenyataan karenamu," ternyata bukan diucapkan si tokoh utama. Namun, kalimat itu memang mewakili keseluruhan cerita mengharukan antara Iskender dan Aysel, juga semua orang di sekeliling mereka. 

Novel ini mengajarkan kita untuk menjaga dan mencintai apa yang seharusnya kita jaga dan cintai. 


Pwk, 02082022.

Komentar

Posting Komentar